5 Bisnis Rumahan Kreatif Cocok Usaha Sampingan Karyawan

Bisnis Rumahan Kreatif Cocok Usaha Sampingan Karyawan

Belakangan ini, UMKM mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat berniaga, tapi sebaliknya justru menjadi pemantik lahirnya berbagai jenis usaha di masyarakat.

Bisnis yang lahir dan berkembang dari dalam rumah ini, beberapa diantaranya memiliki progres yang lebih melejit dibandingkan dengan yang lain. Progres ini tentu saja berdasarkan dari beberapa faktor.

Beberapa faktor keberhasilan usaha antara lain adalah manajemen bisnis yang baik dan jenis usaha sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa jenis bisnis rumahan kreatif, yang sangat bisa teman-teman adopsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jenis Bisnis Rumahan Kreatif dan Menguntungkan

Jenis Bisnis Rumahan Kreatif dan Menguntungkan

1. Bisnis Souvenir

Bisnis souvenir adalah salah satu jenis usaha yang banyak digeluti. Mulai dari usaha rumahan hingga berdiri dengan ruko khusus. Benar. Ini memang bisnis yang bisa dibilang “musiman”.

Untuk menjaga kualitas barang saat ada pesanan dari luar kota, kita bisa mengirimnya menggunakan jasa ekspedisi dari POS. Untuk jaminan keamanan memang tidak diragukan lagi.

Namun jangan lupa, bukankah sekali melakukan pemesanan bisa sampai ribuan buah? Untuk menjaga kualitas barang

Bahkan, teman-teman juga bisa menggunakan barang tertentu sebagai ciri khas, misalnya souvenir pernikahan dari tanaman, perlengkapan  mandi hingga parfum.

2. Usaha Desain Mahar dan Hantaran

Jika kita lihat, beberapa waktu terakhir bisnis ini juga mencuri banyak perhatian publik. Karena desain-desain pada produk ini memiliki keindahan dan detail yang sangat menarik.

Jika teman-teman memiliki interest terhadap keindahan dan kreativitas, maka ini adalah bisnis yang sangat layak dicoba. Modal usahanya pun tidak terlalu besar dan cocok untuk jenis bisnis rumahan.

3. Sewa Perlengkapan dan Permainan Bayi

Nah, ini juga termasuk salah satu jenis ide bisnis saat pandemi yang cukup banyak diminati. Karena banyak sekali orang yang sangat terbatas geraknya di ruang publik, maka menyewa barang-barang seperti ini adalah solusi terbaik.

Teman-teman tidak perlu khawatir jika mendapatkan pelanggan dari luar kota. Sebab ada pengiriman barang melalui POS yang terjamin keamanan barangnya.

4. Jasa Videografer Fotografer

Suka dengan dunia fotografer? Maka ini adalah bisnis yang sangat cocok untuk ditekuni. Banyak bisnis di bidang ini yang bermula dari hanya sekadar hobi, lalu berubah menjadi mata pencaharian.

Selain itu, jasa ini juga cukup banyak dibutuhkan, mulai dari perayaan ulang tahun hingga proses kreatif sebuah brand. Benar. Karena banyak kegiatan yang sangat perlu didokumentasikan dan disajikan dengan dokumentasi yang apik.

5. Guru Les

Tentu teman-teman akan setuju, jika ini adalah satu bisnis yang tak lekang oleh waktu. Selalu dibutuhkan dan selalu diminati.

Tidak hanya yang berlatar belakang guru saja, teman-teman dengan keahlian khusus juga sangat bisa untuk membuka dan memulai bisnis ini. Misalnya les menggambar, memasak, bermain alat musik hingga merajut.

Untuk bisnis yang satu ini, sangat penting untuk mengenali siapa target pasar yang disasar.

Untuk menunjang kegiatan transaksi dan pencatatan keuangan yang baik, sebaiknya memang menggunakan aplikasi kasir. Kenapa? Karena dengan menggunakan aplikasi semacam ini, semua kegiatan transaksi tersimpan dengan baik berdasarkan waktunya.

Aplikasi kasir semacam ini, tentu sangat bisa digunakan semua jenis bisnis UMKM, bahkan untuk jualan online juga sangat bisa.

Salah satu aplikasi kasir yang bisa teman-teman coba gunakan adalah Qasir. Mari simak ulasan berikut ini, supaya tahu kenapa aplikasi kasir satu ini layak untuk dijadikan mitra dalam berbisnis.

Qasir, Bantu Pebisnis Memiliki Catatan Keuangan yang Rapi

1. Bantu Manajemen Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi kasir ini, kita bisa melakukan pemantauan terhadap persediaan stok, cetak struk untuk semua toko dan tentu saja pengelolaan produk usaha kita.

2. Menyediakan Berbagai Cara Pembayaran

Belakangan ini banyak sekali metode pembayaran yang ditawarkan oleh berbagai pihak. Supaya tidak tertinggal dan tetap menjaga pelanggan, teman-teman juga bisa menerapkan ini bisnisnya.

3. Tersedia Laporan Penjualan yang Cepat

Ini adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh Qasir. Yakni akses real time terhadap laporan penjualan dan semua transaksi dalam waktu bersamaan. Jadi, saat tidak berada di lokasi, kita tetap bisa memantau penjualan.

4. Fitur Menarik Sesuai Kebutuhan Bisnis

Fitur-fitur menarik yang disediakan Qasir untuk teman-teman pelaku UMKM ini sangat membantu dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis.

Fitur menarik Qasir, antara lain : pengelolaan diskon, pencantuman harga diskon, label jenis transaksi (debit, transfer atau tunai), tampilan struk yang ringkas hingga peletakan logo brand.

Hal-hal semacam ini, selain membantu pemilik usaha dalam pencatatan transaksi keuangan juga bisa membantu dalam pengembangan dan peningkatan bisnisnya.

Misalnya dengan meletakkan logo brand pada lembar struk. Hal ini tentu saja bisa membantu meningkatkan awareness pelanggan  terhadap bisnis kita.

Bagaimana? Tertarik untuk memulai salah satu jenis bisnis rumahan kreatif di atas? Untuk itu, menggunakan Qasir sebagai aplikasi kasir adalah pilihan yang tepat.

Seperti yang sebelumnya dibahasa, bahwa Qasir  tidak hanya membantu kita memiliki pembukuan penjualan dengan baik, tapi juga berperan dalam memudahkan pengelolaan bisnis.

You May Also Like