Rantai Plastik : Pengertian, Kelebihan, dan Fungsi

Apa itu Rantai Plastik

Jual rantai plastik menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Harga rantai plastik 8 mm juga diburu banyak orang. Informasi tempat jual rantai plastik, rantai plastik kecil, toko penjual rantai plastik, dan susunan rantai polimer plastik ikut dicari.

Rantai plastik termasuk salah satu kebutuhan yang belakangan ini semakin familiar di tengah masyarakat. Sayangnya, belum banyak informasi yang mengulas detail rantai plastik. Mulai dari pengertian, kelebihan hingga fungsi.

Hal tersebut dapat membantu Anda untuk memilih dan menentukan rantai plastik terbaik. Sebab, setiap jenis rantai plastik mempunyai keunggulan yang sama tetapi fungsi berbeda.

Apa itu Rantai Plastik

Apa itu Rantai Plastik

Plastic chain atau rantai plastik merupakan salah satu rantai yang dibuat dari jenis rantai berbahan dasar plastik. Jenis rantai plastik ini sering digunakan untuk kegiatan atau aktivitas setiap hari. Namun, dalam situasi yang masih sederhana.

Artinya, rantai plastik belum dapat dimanfaatkan untuk aktivitas berat. Seperti kegiatan industri cargo. Sebab industri cargo melakukan kegiatan mengangkat barang dari bawah ke atas dan menurunkan barang dari atas ke bawah.

Selain rantai plastik, ada juga rantai besi yang terbuat dari bahan besi. Dan seperti namanya, rantai plastik juga terbuat dari bahan plastik. Rantai ini dimanfaatkan dalam aktivitas sederhana. Misalnya, pembatas wilayah atau konstruksi ringan.

Sedangkan rantai besi dimanfaatkan untuk aktivitas berat. Misalnya, keperluan mengangkut barang atau industri cargo. Kedua rantai tersebut bisa dimanfaatkan secara bersama atau terpisah. Hal ini sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan dari Rantai Plastik

Sudah sempat disinggung bahwa rantai plastik memiliki manfaat dalam kegiatan atau aktivitas sederhana. Supaya lebih jelas, mari simak ulasan terkait kelebihan dari rantai plastik sebagai berikut ini.

1. Harga Lebih Ekonomis dan Terjangkau

Kelebihan yang pertama yakni dari segi harga. Rantai plastik memang memiliki harga yang lebih ekonomis dan terjangkau. Sebab, rantai ini terbuat dari bahan dasar plastik yang harganya lebih murah dibandingkan bahan dasar rantai besi.

Harga lebih ekonomis dan terjangkau membuat banyak pedagang jual rantai plastik. Bahkan konsumen ikut memburu harga rantai plastik 8 mm di pasaran. Apalagi rantai ini cocok menghemat biaya jika hanya untuk keperluan pembatas.

2. Anti Karat

Rantai plastik juga memiliki kelebihan anti karat. Sebab, bahan plastik tidak akan mengalami oksidasi sehingga terhindar dari risiko korosi. Tidak seperti rantai besi yang bisa berkarat karena terjadi proses oksidasi secara alami maupun buatan.

Selain itu, susunan rantai polimer plastik mampu memberi jaminan anti karat. Bahkan rantai plastik menjamin 100% tidak berkarat dan lapuk. Sehingga jauh dari risiko korosi. Alhasil, rantai plastik jadi pilihan paling cocok di luar ruangan.

3. Warna Beragam

Rantai plastik kecil maupun besar memiliki warna beragam yang menarik. Toko penjual rantai plastik juga menyediakan rantai plastik dengan warna beragam. Bahkan tempat jual rantai plastik ini sudah bisa ditemukan di mana saja.

Selain itu, rantai plastik dengan warna beragam mempunyai simbol tertentu. Simbol ini menunjukkan fungsi utama dari rantai plastik tersebut. Seperti warna putih, kuning, dan merah yang menjadi warna umum dari rantai plastik.

4. Memiliki berat atau massa ringan

Kelebihan lain dari rantai plastik yakni memiliki berat atau massa ringan. Hal ini karena rantai plastik terbuat dari bahan dasar plastik yang ringan. Berbeda dari rantai lain yang terbuat dari bahan galvanis maupun baja.

Berkat bahan dasar plastik ini, rantai plastik lebih mudah untuk dipotong, dipindahkan, dan dibentuk. Selain itu, bahan dasar plastik yang digunakan terbuat dari bahan PVC. Sehingga kuat, tidak mudah pecah dan juga tahan panas.

5. Awet dan Tahan Lama

Rantai plastik juga memiliki kelebihan yang tak kalah penting, yaitu awet dan tahan lama. Bahan dasar rantai plastik berpengaruh besar terhadap keawetan dan sifat yang tahan lama. Bahkan saat cuaca berubah secara ekstrem.

Berbeda dengan rantai besi yang mudah korosi karena cuaca atau air. Sehingga terjadi kerusakan dan kekuatannya semakin berkurang setiap waktu. Sementara rantai plasti tetap tahan terhadap air dan cuaca.

Fungsi dari Rantai Plastik

Tak heran jika jual rantai plastik dengan harga rantai plastik 8 mm banyak diburu masyarakat. Sebab, rantai plastik terbuat dari material plastik. Sehingga penggunaan rantai plastik diperuntukkan untuk kegiatan sederhana saja.

Beberapa fungsi rantai plastik lain, yaitu traffic control, menutup atau membatasi suatu area atau jalan untuk sementara waktu. Ada lagi fungsi dari rantai plastik yang juga sering digunakan. Misalnya, kebutuhan dekorasi dan perkebunan.

Rantai plastik juga banyak ditemukan dalam kegiatan konstruksi sederhana, projek kecil-kecilan, dan kalung hewan peliharaan. Pagar antrian, area parkir, menghubungkan rambu satu dengan rambut lain, itu juga fungsi rantai plastik.

Rekomendasi Membeli Rantai Plastik

Anda membutuhkan informasi jual rantai plastik atau harga rantai plastik 8 mm? Ada rekomendasi menarik untuk membeli rantai plastik. Anda bisa datang ke tempat jual rantai plastik atau toko penjual rantai plastik di Megajaya.co.id online.

Mega Jaya merupakan penyedia rantai plastik dengan ukuran lengkap. Tidak hanya lengkap tapi juga termurah. Ada rantai plastik kecil dengan susunan rantai polimer plastik berkualitas.

Mulai dari ukuran 3 mm, 4 mm, 8 mm, hingga 12 mm dengan jenis short link chain dan long link chain, semua tersedia. Ada berbagai warna juga. Cek juga Rantai plastik 8mm di sini.

You May Also Like