5 Rukun Umroh yang Wajib Anda Ketahui

5 Rukun Umroh yang Wajib Anda Ketahui, Perbedaan Antara Haji dan Umroh

Bagi Anda yang akan mengikuti paket umroh November 2022 mendatang tentu harus memahami terlebih dahulu tentang berbagai hal seputar umroh.

Umroh memiliki beberapa proses ritual yang hampir sama dengan ibadah haji, hanya saja tidak ada syarat atau waktu khusus dalam pelaksanaanya.

Oleh karena itu, umroh juga memiliki ketentuan sendiri yang disebut dengan rukun umroh. Ibadah umroh harus memenuhi rukun umroh dan tidak bisa ditinggalkan secara sengaja maupun tidak sengaja, rukun dalam ibadah umroh juga harus dilaksanakan secara urut agar sah dan afdhal.

Pada kesempatan ini, Narasional.com akan memberikan informasi tentang rukun ibadah umroh lengkap dengan informasi terkait lainnya khusus untuk Anda yang akan mengikuti paket umroh November 2022 di www.travelumrohhajiku.com bersama Alhijaz Indowisata Travel.

Penjelasan Tentang 5 Rukun Umroh yang Wajib Anda Ketahui

5 Rukun Umroh yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum Anda mengetahui tentang 5 rukun umroh, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang perbedaan haji dan umroh. Perbedaan ini sangat penting agar Anda mengetahui proses dari ibadah haji dan umroh, berikut ulasannya:

  • Hukum pelaksanaan haji wajib bagi yang mampu, sedangkan umroh hukumnya sunnah muakkad.
  • Waktu haji harus pada bulan haji yaitu Syawal sampai Dzulhijjah awal, sedangkan umroh bisa kapan saja.
  • Rukun haji berbeda dengan rukun saat umroh yang mana ibadah umroh tanpa wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah karena waktu pelaksanaanya bebas.
  • Proses tempat pelaksanaanya juga berbeda yang mana ibadah umroh tidak melewati Arafah, Muzdalifah, dan Mina sehingga Tawaf dan Sa’i diadakan di masjidil haram.

Itulah penjelasan tentang perbedaan haji dan umroh, selanjutnya kami akan membahas lebih detail tentang rukun ibadah umroh yang wajib Anda ketahui sebelum ikut paket umroh November 2022 nanti. Ada 5 rukun umroh yang bisa dipenuhi agar umrah menjadi sah sebagai berikut:

1. Diawali dengan Niat Umroh (Ihram)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memenuhi rukun dalam ibadah umrah yaitu mengawali dengan niat atau ihram. Adapun bunyi niat umroh sebagai berikut “Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika, Allahumma ‘umratan”.

Artinya dari niat umroh diatas yaitu “Saya niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah SWT, Saya sambut panggilanMu ya Allah untuk berumrah”. Kemudian jangan lupa untuk mengenakan kain ihram dari titik miqat yang sudah ditentukan.

2. Melakukan Tawaf

Selanjutnya, rukun ibadah Umrah yang perlu Anda lakukan yaitu Tawaf yang ritualnya hampir sama dengan ibadah haji yaitu mengelilingi Ka’bah 7 putaran. Proses ini dimulai dari Hajar Aswad dan hanya bisa dilakukan di Masjidil haram.

Sebagai informasi, saat proses Tawaf berlangsung Anda bisa membaca dzikir atau doa. Anda juga bisa menyebutkan harapan yang ingin tercapai. Kami sarankan untuk mengikuti proses ini secara khidmat dan sungguh-sungguh.

3. Melakukan Sa’i

Rukun ibadah umroh selanjutnya yaitu melakukan Sa’i yang diartikan sebagai berjalan cepat atau berlari-lari kecil saat jamaah berada di antara bukit Safa dan bukit Marwah. Proses ini dilakukan bolak balik sebanyak 7 kali.

Jamaah diperbolehkan melakukan proses ini dalam kondisi tidak memiliki wudhu, ruas yang harus diketahui oleh jamaah untuk melakukan Sa’i bernama Bathnul Waadi yang ditandai dengan pembatas yang berwarna hijau neon yang berada di atas atap lokasi Sa’i.

4. Menyempurnakan dengan Tahallul

Rukun Umroh selanjutnya yang harus Anda penuhi sebagai jamaah umroh yaitu Tahallul yang memiliki artian halal atau boleh. Pada proses ini, Anda sudah boleh keluar dari kondisi ihram karena sudah menyelesaikan rangkaian umroh.

Proses ini ditandai dengan memotong mencukur sedikit rambut mencukur sedikit rambut sedikitnya tiga helai. Tahallul sebagai proses penyempurnaan dan penutup dari rukun ibadah umroh dimana Anda sudah bebas dari badal umroh.

5. Tertib Sesuai Urutan

Terakhir, untuk menghindari padahal umroh dan hal-hal yang dilarang saat menjalankan proses umroh maka Anda harus menyelesaikan setiap tahapan rukun umroh dengan berurutan yang disebut dengan tertib.

Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Ikut Paket Umroh November di Alhijaz Indowisata Travel

Ibadah umroh bisa Anda jadikan pilihan jika belum bisa mengikuti ibadah haji karena belum mendapatkan kuota. Bagi Anda yang sudah rencana untuk keberangkatan ibadah haji pada November mendatang maka tinggal menunggu dan menyiapkan diri sematang-matangnya.

Namun, jika Anda sedang bingung mencari jasa travel umroh terbaik dan terpercaya maka kami sarankan untuk mengunjungi Alhijaz Indowisata Travel. Anda bisa memilih berbagai paket umroh sesuai dengan kebutuhan dengan berbagai fasilitas yang sangat lengkap.

Anda juga bisa sembari mengunjungi websitenya karena tersedia berbagai informasi yang bisa membantu Anda untuk menemukan solusi ibadah umroh seperti pembahasan tentang rukun umroh, badal umroh adalah, proses umroh berapa hari, cara memiliki tabungan umroh, dan lain-lain.

Penutup

Akhir kata, ucapkan terima kasih karena Anda telah membaca informasi yang kami bagikan tentang rukun umroh dan informasi lainnya. Update informasi menarik lainnya di website Narasional.com dan kunjungi website Alhijaz Indowisata Travel untuk mendapatkan beragam paket umroh November 2022.

You May Also Like