Pentingkah Business Intelligence pada Perusahaan?

Pentingkah Business Intelligence pada Perusahaan?, Desainpromosi.co.id, Jasa Digital Marketing Professional

Menjalankan sebuah bisnis tentunya harus siap dengan hal yang selalu fluktuatif, sehingga perusahaan harus memiliki antisipasi untuk melakukan monitoring secara berkala dan akurat. Solusi yang bisa Anda pilih untuk membantu mengukur performa bisnis yaitu business intelligence.

Istilah business intelligence memang sedikit asing, namun Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan informasi lengkap tentang apa itu business intelligence dan rekomendasi business intelligence platform yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis dalam perusahaan.

Pengertian Business Intelligence atau BI

Pengertian Business Intelligence atau BI

Digitalisasi membawa era baru pada sistem bisnis dimana peran business intelligence sangat berpengaruh dalam menentukan metode analisis informasi dalam sebuah perusahaan. Analisis tersebut berdasarkan data yang ada lalu dikonversi menjadi peluang dan inovasi perusahaan.

Apa itu business intelligence terkadang disamakan dengan business intelligence analyst, padahal keduanya memiliki perbedaan. Biasanya, business intelligence analyst memiliki tanggung jawab hanya untuk menganalisis data dan tidak sampai memaparkan hasilnya.

Kesimpulannya, business intelligence adalah profesi yang memiliki tanggung jawab kompleks terkait pengumpulan data, pengolahan data, analisa, pengambilan keputusan berkualitas terhadap perkembangan bisnis dalam perusahaan.

Untuk menjadi tenaga ahli bidang ini, seseorang harus mengasah skillnya melalui digital marketing agency yang berfokus pada big data dan kecerdasan bisnis digital serta dilengkapi dengan business intelligence platform seperti Google Cloud.

Pentingkah Business Intelligence (BI) untuk Perusahaan, Berikut Manfaatnya

Business intelligence sangat penting karena menjadi rangkaian proses untuk menganalisis data serta menyajikan informasi yang bersifat actionable information. Data yang dikumpulkan berasal dari data warehouse atau disebut juga business intelligence platform.

Hasil pengolahan data mentah yang dilakukan oleh business intelligence akan membantu eksekutif, manajer, dan karyawan mengambil keputusan berkualitas untuk perkembangan bisnis perusahaan, misalnya data kebiasaan belanja online, kompetitor, dan sebagainya.

Peran business intelligence dibutuhkan oleh sebuah perusahaan sebagai financial resource secara detail dan kompleks untuk mendapat support penuh dari berbagai pihak yang terkait dalam bisnis. Berikut ini manfaat pentingnya business intelligence adalah:

  1. Mengetahui performa dan pencapaian perusahaan dalam periode tertentu.
  2. Menentukan kebijakan terbaik dalam perusahaan.
  3. Membantu bisnis untuk tetap konsisten dan fokus pada target, visi, dan misi.
  4. Data dalam business intelligence dapat berupa informasi yang berisi masalah dan solusi bisnis yang dihadapi.
  5. Identifikasi masalah sejak dini dengan memanfaatkan data dan keahlian business intelligence.
  6. Mendorong stakeholder perusahaan untuk mengambil keputusan berkualitas, tepat, dan cepat.
  7. Data dalam business intelligence dapat berupa informasi berlimpah dan berpotensi memiliki peluang kesuksesan bisnis.
  8. Hasil analisis business intelligence bisa berguna untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Setelah memahami pentingnya business intelligence ya sudah kami sebutkan di atas, maka selanjutnya kami akan menjelaskan tentang cara kerja dari BI dan skill yang harus dimiliki seorang business intelligence lengkap dengan gaji business intelligence dalam perusahaan:

Cara Kerja Business Intelligence dan Business Intelligence Platform

Meningkatkan potensi perusahaan agar efisien dalam semua aspek tentunya sangat diharapkan oleh anda sebagai pengusaha atau pelaku bisnis. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sinergitas  business intelligence dan business intelligence platform.

Keduanya komponen ini saling terikat satu sama lain dengan serangkaian mekanisme cara kerja yang efektif bagi bisnis Anda. Berikut ini tahapan cara kerja dari kedua komponen diatas yang akan menumbuhkan keuntungan dalam perusahaan Anda:

  • Melakukan pengumpulan data dengan integrasi dari sistem sebagai sumber data ke dalam data warehouse atau big data perusahaan.
  • Menyiapkan data ke dalam berbagai kategori dan model analitis sesuai dengan kebutuhan.
  • Menerapkan query analitis melalui business intelligence platform yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan kumpulan data secara spesifik.
  • Membuat visualisasi data, dashboard, serta laporan yang berhasil didapatkan dengan menggunakan hasil query BI.
  • Menggunakan informasi yang didapatkan sebagai pertimbangan dan membuat keputusan untuk menentukan perencanaan strategis perusahaan.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Business Intelligence dan Gaji Business Intelligence

Business intelligence dalam sebuah perusahaan memiliki posisi dan peran yang fundamental sehingga ada beberapa skill yang harus dimiliki seorang business intelligence apakah setara dengan gaji business intelligence yang akan didapatkan nantinya.

Setelah kami telusuri dari berbagai sumber gaji business intelligence di Indonesia sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah perbulan. Nominal ini tidak selalu spesifik dan bisa lebih kecil atau lebih besar tergantung perusahaan tempat anda bekerja serta pengalaman yang dimiliki.

Dengan nominal gaji tersebut, skill yang harus dimiliki seorang business intelligence antara lain microsoft excel, skill analisis yang kuat, skill SQL, kemampuan komunikasi, skill riset yang akurat, dan sebagainya.

Untuk menjadi seseorang yang ahli dalam business intelligence, saat ini sudah banyak digital marketing agency yang menawarkan kelas atau kursus business intelligence di Indonesia dengan berbagai kelebihan untuk menjadi talenta BI profesional.

Penutup

Demikianlah, informasi yang bisa kami rangkum untuk Anda yang masih bingung tentang pentingkah business intelligence pada perusahaan. BI memiliki posisi yang penting untuk mengembangkan sebuah bisnis dengan berbagai proses pengolahan data akurat yang dilengkapi oleh business intelligence platform.

Data ini nantinya akan menjadi informasi berguna untuk mengambil keputusan atau kebijakan terbaik dan berkualitas bagi perusahaan.

You May Also Like