Cara Cerdas Sewa Kost di Jakarta dan Sekitarnya

Cara Cerdas Sewa Kost

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia, selain sandang dan pangan.

Tempat tinggal bukan berarti harus memiliki rumah sendiri, saat ini sudah banyak alternatif yang bisa dipilih agar bisa tinggal di suatu tempat, misalnya kontrak rumah, apartemen, hotel, atau sewa kost untuk waktu tertentu.

Sewa kost sendiri saat ini juga sudah sangat beragam dan tentunya sangat membantu misal Anda sedang bepergian atau sedang bekerja di suatu wilaya atau daerah, misalnya di Ibu Kota Jakarta.

Jika Anda menetap cukup lama untuk bekerja di Jakarta, Anda bisa mempertimbangkan untuk sewa kost bulanan atau bahkan bisa secara tahunan untuk mendapatkan harga sewa kost murah yang lebih murah.

Namun jika Anda hanya berada di Jakarta untuk waktu singkat misalnya dalam hitungan hari atau hitungan minggu lebih baik Anda sewa kost harian terdekat dengan tempat Anda kerja atau ditugaskan oleh perusahaan.

Dengan begitu Anda akan lebih hemat secara biaya karena tidak mengeluarkan biaya untuk transportasi bolak-balik kantor, belum lagi masalah macet di Jakarta yang bisa membuat Anda stres.

Cara Cerdas Sewa Kost

Cara Cerdas Sewa Kost

Jika Anda mencari kost di Jakarta tentunya Anda akan mencari harga yang paling murah dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Apalagi ketika Anda bekerja, kenyamanan istirahat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena bisa berdampak pada kinerja Anda di perusahaan tempat bekerja.

Untuk itu dalam memilih kost Anda harus cerdas, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk sewa kost di Jakarta baik untuk pekerja maupun mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan.

1. Perhatikan Fasilitas Utama

Fasilitas menjadi poin pertama yang harus Anda perhatikan, cari kost yang menyediakan fasilitas utamanya lengkap seperti sudah ada kasur, lemari, meja dan kursi. Jangan ambil kost yang masih kosongan karena akan menambah biaya pengeluaran Anda.

Karena di Jakarta sangat panas maka ada fasilitas tambahan yang harus Anda perhatikan yaitu kipas angin atau AC, kemudian Anda juga harus mempertimbangkan apakah akan menggunakan kamar mandi dalam atau kamar mandi luar.

Karena fasilitas-fasilitas tersebut nantinya akan berbanding lurus dengan harga sewa kost yang harus Anda bayarkan tiap bulannya, semakin lengkap maka harga sewa kostnya akan semakin mahal.

2. Sesuaikan Dengan Keuangan Anda

Karena setiap orang memiliki alokasi keuangan yang berbeda-beda untuk masalah sewa kost, maka Anda harus menentukan sebenarnya berapa alokasi biaya yang akan Anda gunakan untuk membayar kost setiap bulannya.

Dengan mengetahui berapa alokasi biaya setiap bulannya, maka dalam mencari kost Anda juga tidak akan kebingungan karena memiliki patokan yang jelas.

Karena di Jakarta sendiri harga sewa kost sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah ada dengan fasilitas yang tentunya berbeda sesuai dengan harganya.

Setelah mengetahui berapa budget yang dialokasikan, Anda bisa melakukan survei melalui situs kost online untuk mengetahui kira-kira kost seperti apa yang sesuai dengan budget Anda.

3. Pertimbangkan Lokasi

Tips yang ketiga ketika memilih kost untuk menetap selama bekerja atau kuliah adalah jarak dengan kantor atau kampus.

Pertimbangannya adalah kos yang agak jauh dari kantor atau kampus kemungkinan besar harganya akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kost yang berada di dekat kantor atau kampus.

Akan tetapi kekurangannya ketika jaraknya jauh Anda harus menyiapkan waktu lebih ketika akan berangkat ke kantor atau kampus, pasalnya jalanan Jakarta yang sangat padat apalagi jam-jam tertentu macetnya bisa berjam-jam.

4. Ada Dapur Umumnya

Untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran mempertimbangkan adanya dapur umum di kost mungkin bisa menjadi salah satu pilihan paling realistis.

Dengan adanya dapur umum maka Anda bisa memasak sendiri untuk kebutuhan makan sehingga pengeluaran tidak akan membengkak karena biaya makan yang terlalu tinggi.

Selain itu dengan adanya dapur umum yang disediakan oleh pemilik kost maka akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli kebutuhan dapur seperti kompor, piring, panci dan lain sebagainya.

Lebih enak lagi jika di kost tersebut menyediakan kulkas sehingga Anda bisa menyimpan bahan-bahan untuk memasak di kulkas sehingga lebih hemat.

Jadi ada empat tips yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih kost dengan cerdas di Jakarta.

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan ketika menyewa kost, baik sewa kost harian atau sewa kost bulanan adalah surat perjanjian sewa kost.

Pasalnya dengan adanya surat perjanjian sewa kost jika ada masalah dikemudian hari seperti kerusakan atau hal lainnya yang bukan karena kesalahan Anda, tidak ada permintaan ganti rugi atau hal lainnya yang merugikan Anda.

Selain itu dengan adanya perjanjian maka ada kejelasan terkait masalah listrik, air, sampah keamanan dan lain-lainnya.

Karena sekarang sudah serba digital maka ketika Anda mencari kost di Jakarta tidak perlu berkeliling dari daerah satu ke daerah lainnya, Anda bisa memanfaatkan situs kost online yang menyediakan review lengkapnya sehingga sebelum datang Anda sudah tau gambarannya.

Salah satu website yang bisa Anda gunakan untuk mencari dan melakukan survei ketika mencari kost di daerah Jakarta adalah duniakost.com.

Situs kost online ini menyediakan berbagai jenis pilihan kost mulai dari yang harganya murah sampai premium. Di dalam situs duniakost.com juga sudah disediakan fasilitas apa saja yang diberikan hingga foto dari kostnya.

Jika Anda berminat juga bisa langsung menghubungi pemilik kost karena sudah dicantumkan nomor HP dan nomor WhatsApp dari pemilik kost.

You May Also Like