4 Keuntungan Memilih Asuransi Syariah untuk Keluarga Anda

By: Irwin Andriyanto

Secara umum ada banyak manfaat asuransi syariah yang ditawarkan sebagai perlindungan finansial keluarga.

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah menawarkan beberapa keuntungan yang menarik, terutama bagi mereka yang ingin menyelaraskan praktik keuangan dengan prinsip-prinsip Islam.

Hal ini akan membantu Anda dan keluarga tidak hanya menjadi lebih terjaga namun juga aman dan tenang.

Selain itu ada beberapa keuntungan lainnya saat Anda memilih polis asuransi syariah untuk dijadikan pertimbangan. Simak ulasannya pada artikel berikut ini!

Pengertian Asuransi Syariah

Secara umum, asuransi syariah merupakan perlindungan finansial yang berlandaskan usaha saling tolong-menolong di antara para peserta polis sesuai dengan akad syariah.

Sebab salah satu perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah adalah prinsip yang digunakan. Jika proteksi syariah menggunakan pengelola sharing Risk dimana risiko peserta akan menggunakan dana bersama.

Sedangkan Asuransi Konvensional bersifat Transfer Risk jadi kontribusi yang dibawakan oleh peserta memiliki tujuan untuk mengalihkan risiko finansial ke pihak perusahaan .

Keuntungan Asuransi Syariah untuk Keluarga

Keuntungan Memilih Asuransi Syariah untuk Keluarga Anda
Keuntungan Memilih Asuransi Syariah untuk Keluarga Anda

Tidak hanya untuk diri sendiri, asuransi syariah ini juga menawarkan manfaat yang cukup besar bagi sebuah keluarga . Berikut adalah beberapa diantaranya,

1. Prinsip yang Sesuai dengan Syariat Islam

Dasar hukum asuransi syariah adalah ta’awun (saling membantu) dan tabarru’ (donasi sukarela). Itu berarti asuransi in jauh dari hal-hal yang dilarang dalam islam seperti  riba, gharar (ketidakpastian), dan maysir (perjudian).

Jadi kumpulan dana dari setiap peserta polis asuransi akan menjadi dana Tabarru’. Dana inilah yang kemudian digunakan untuk membayar santunan apabila ada salah satu peserta yang mengalami risiko atau mengajukan klaim.

2. Transparan dan Mengandung Kepastian

Ijab kabul menjadi salah satu rukun asuransi syariah yang wajib ada saat kesepakatan antara pemilik polis dan perusahaan asuransi terjalin.

Saat kesepakatan disahkan, ini berarti praktik transparansi harus dilakukan karena dana dihasilkan melalui prinsip gotong royong dan pihak perusahaan hanya akan membantu mengelola dana dengan upah yang telah disepakati bersama.

Oleh karena itulah, asuransi ini bebas dari unsur riba (bunga) maupun gharar (ketidakpastian) sehingga menjadi opsi yang lebih aman dalam prinsip islam.

3. Pembagian Keuntungan yang Adil

Manfaat asuransi syariah yang selanjutnya yaitu juga menawarkan pembagian keuntungan yang adil sebab manfaat peserta diperoleh dari investasi dana setiap pemilih polis dan akan dibagikan secara adil antara perusahaan asuransi juga peserta.

Hal ini berbeda dengan asuransi konvensional, di mana perusahaan asuransi cenderung mendapatkan porsi yang lebih besar.

4. Diawasi Langsung oleh Pengawasan Syariah

Terakhir, asuransi Syariah diawasi secara langsung oleh DSN MUI melalui penempatan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Hal ini membantu setiap tata laksananya dijalankan benar-benar sesuai dengan praktik bisnis syariat islam agar dapat terjamin kehalalannya.

Jika Anda tertarik untuk memiliki asuransi syariah untuk keluarga maka Allianz dapat menjadi solusi yang tepat.

Sebagai salah satu asuransi syariah di Indonesia terbaik, Allianz menghadirkan ragam pilihan dalam lini Allianz Life Syariah.

Salah satu produk Allianz syariah yang dapat Anda andalhkan untuk keluarga yaitu  AlliSya Protection Plus, asuransi jiwa unit link Syariah yang mampu memberikan proteksi menyeluruh.

Penawaran ini termasuk mendapatkan keuntungan dari nilai investasi sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih praktis dan fleksibel. Tunggu apa lagi? Yuk cari tahu produk asuransi syariah Allianz lebih lanjut hanya di allianz.co.id!