Cara Klaim Asuransi Pendidikan Anak

suransi Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan saat ini sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa biaya pendidikan dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, maka perlu perlindungan pendidikan bagi anak kita agar kebutuhannya untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik dapat tercapai. 

Masalahnya tak semua orang mengetahui cara klaim asuransi pendidikan anak. Bahkan pemegang polis asuransi pendidikan pun harus memahami betul soal klaim asuransi pendidikan agar dapat cair seperti yang diharapkan. 

Apa sih Asuransi Pendidikan itu? 

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kebutuhan anak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. 

Pemegang polis akan memberikan sejumlah premi yang diberikan kepada perusahaan asuransi dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Nantinya pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan yang bisa diklaim untuk digunakan sebagaimana mestinya. 

Dengan adanya asuransi pendidikan, orang tua tidak perlu khawatir mengenai biaya pendidikan anak karena anak akan memperoleh uang pertanggungan sesuai yang diajukan pada polis. Bahkan saat orang tua meninggal, anak tetap mendapatkan uang pertanggungan pendidikan. 

Cara Klaim Asuransi Pendidikan Anak

suransi Pendidikan Anak

Sebelum mengajukan klaim asuransi pendidikan anak, pastikan pemegang polis sudah membaca dan memahami syarat dan ketentuannya terlebih dulu. Terutama bagian informasi mengenai nilai perlindungan yang didapatkan. 

Pemahaman terhadap isi polis harus dimaksimalkan agar manfaat perlindungan dapat dicapai dengan optimal. Jangan sampai saat ingin mengajukan klaim asuransi pendidikan anak, ternyata klaimnya ditolak. 

Supaya tidak bingung, berikut ini cara klaim asuransi pendidikan yang tepat agar klaimnya segera cair dan berhasl. 

1. Hubungi Agen Asuransi Pendidikan 

Langkah awal untuk mengajukan klaim dana asuransi pendidikan adalah dengan menghubungi agen asuransi pendidikan. Konsulitasikan keinginan kita saat ingin mengajukan klaim. Biasanya klaim asuransi pendidikan dapat cair ketika anak sudah berusia 18 tahun. Namun dengan syarat tertentu, klaim bisa diajukan sehingga dana asuransi bisa diambil sebelum masa jatuh tempo. 

Agen asuransi pendidikan akan memberikan saran yang berguna untuk dijadikan pertimbangan kita saat mengajukan klaim dana asuransi. Serap dan pahami saran yang diajukan agar klaim asuransi dana pendidikan dapat cair seperti yang diharapkan. 

2. Usia Polis Asuransi 

Asuransi pendidikan disarankan diatur sedini mungkin karena berkaitan dengan proses klaim asuransi. Biasanya klaim dapat cair jika usia polis minimal 2 tahun. Namun usia polis ini bisa berubah tergantung dari perusahaan asuransi pendidikan yang kita gunakan. 

Semakin lama usia polis asuransi pendidikan yang kita punyai, semakin besar kemungkinan klaim asuransi pendidikan disetujui dan akhirnya cair. 

3. Persiapkan Dokumen yang Diminta 

Pencairan klaim asuransi pendidikan disertai dengan kelengkapan dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh pemegang polis. Dokumen yang dimaksud diantaranya KTP asl dan fotocopy, polis asuansi yang asli dan juga fotocopy, kartu asuransi, SIM dan fotocopy kuitansi pembayaran premi terakhir. 

Lengkapi dokumen yang diminta agar pengajuan klaim dana asuransi pendidikan dapat dipenuhi. 

4. Waktu Pencairan 

Saat klaim disetujui, dana pendidikan tidak langsung cair saat itu juga. Dibutuhkan waktu untuk proses pencairan. Ada yang 6 bulan, 8 bulan atau lebih dari itu, tergantung perusahaan asuransi yang digunakan. 

Pastikan untuk menanyakan kapan waktu pencairan dana asuransi dan datanglah sendiri tanpa diwakilkan. Usahakan datang tepat waktu di jam dan hari yang sudah ditentukan. Hal ini untuk menghindari tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi. 

5. Mengatasi Penolakan Klaim 

Klaim asuransi pendidikan ditolak? Tunggu dulu, bisa jadi persyaratan yang diminta belum dipenuhi dengan baik. 

Klaim pencairan dana asuransi akan ditolak jika kelengkapan dokumen yang diminta kurang, salah mengerti mengenai isi polis dan menunggak membayar premi asuransi. Untuk itulah perlu untuk mempelajari polis asuransi dan menanyakan langsung ke agen asuransi tentang hal-hal yang kurang dipahami. 

Perusahaan asuransi pendidikan biasanya akan menyediakan jasa konsultasi kepada nasabahnya, dengan tujuan untuk menyatukan pemahaman mengenai polis asuransi yang diterima nasabah. Selain itu premi yang menunggak lebih dari 3 bulan juga menyulitkan klaim asuransi. 

Pastikan untuk membayar premi asuransi tepat waktu sejak pertama kali memiliki produk asuransi pendidikan, agar klaim asuransi pendidikan yang kita ajukan dapat disetujui dan cair. 

Asuransi pendidikan anak prudential bisa dijadikan rekomendasi terbaik untuk menyiapkan masa depan pendidikan yang terbaik. Prudential menyediakan kalkulator pendidikan yang berguna untuk menghitung biaya pendidikan anak hingga beberapa tahun ke depan. 

Prudential juga menyediakan konsultasi mengenai asuransi pendidikan anak kepada nasabahnya, sehingga membantu nasabah untuk mendapatkan manfaat yang diinginkannya, termasuk saat mengurus klaim asuransi pendidikan anak. 

Untuk informasi lebih lengkapnya langsung saja ke www.prudential.co.id dan dapatkan kemudahan dalam mengelola pendidikan anak melalui asuransi pendidikan anak terbaik. 

You May Also Like