Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Data scientist adalah jenis pekerjaan yang mengubah data mentah menjadi informasi berharga yang dibutuhkan perusahaan untuk tumbuh dan mampu bersaing. Profesi ini menganalisis data dari berbagai sumber untuk menghasilkan solusi atas suatu masalah.

Data scientist bekerja secara multidisiplin menggunakan aneka elemen yang terkait dengan matematika, statistik, ilmu komputer, dan ilmu sosial. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang data scientist.

Kebutuhan akan data scientist kini telah menjadi prioritas bagi banyak perusahaan karena kemampuannya dalam mengolah data besar. Apa sebenarnya yang dikerjakan oleh profesi ini? Berikut pengertian, tugas, dan tanggung jawabnya.

Pengertian Data Scientist

Data scientist adalah orang yang melakukan analisis, memproses, dan memodelkan data. Para ahli ini kemudian menginterpretasikan hasilnya untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan perencanaan yang akan ditindaklanjuti oleh perusahaan.

Data scientist mengumpulkan sejumlah besar data dan menganalisis dengan melibatkan ilmu komputer, statistik, dan matematika. Mereka adalah ahli analitik yang memanfaatkan keterampilan di bidang teknologi, ilmu pasti, dan sosial untuk mengelola data.

Data scientist menerapkan berbagai alat, metode pengumpulan data, serta teknik penghitungan untuk mendapatkan pola. Pola ini menjadi sumber identifikasi dan memberi peluang untuk menemukan solusi atas masalah bisnis yang dihadapi perusahaan.

Tugas Data Scientist

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Kini, peranan seorang data scientist telah berkembang. Mereka tidak hanya bertugas sebagai seorang analis data, namun juga terlibat dalam perencanaan bisnis. Sebagai seorang analis, mereka mengatur dan menganalisis data yang dikumpulkan perusahaan.

Data scientist bertugas merancang proses pengambilan data, membuat algoritma, dan menyusun model berdasar prediksi. Kegiatan ini dilakukan untuk memilah data yang dibutuhkan bisnis, menganalisis, dan membagi temuannya kepada manajemen.

Mereka mengumpulkan data, melakukan berbagai percobaan dengan model dan cara yang berbeda. Setelah memahami hasil, data scientist mengemukakan prediksi dan mengungkapkannya di organisasi.

Keterampilan seorang data scientist tidak terbatas pada analitis dan statistik. Inilah perbedaannya dengan data analyst. Mereka memiliki keterampilan khusus yang membuatnya berbeda, yaitu kemampuan berkomunikasi dan memberikan solusi bisnis.

Selain menganalisa data, seorang data scientist harus mampu mengomunikasikan hasil temuan dan memiliki naluri bisnis. Bersama dengan pemegang keputusan, mereka bekerja sama menentukan cara agar hasil temuan dapat mencapai tujuan perusahaan.

Tanggung Jawab Data Scientist

Tanggung jawab data scientist bervariasi berdasarkan kebutuhan perusahaan. Namun, secara keseluruhan, berikut adalah beberapa tanggung jawab seorang data scientist:

  • Mengumpulkan dan melakukan identifikasi sumber data.
  • Menganalisis sejumlah besar data, baik terstruktur maupun tidak terstruktur.
  • Menghasilkan solusi dan strategi yang dapat menjawab masalah, tantangan, dan hambatan bisnis.
  • Bekerja sama dengan anggota tim dan leader untuk merancang strategi data.
  • Menggabungkan berbagai teknik untuk menemukan tren dan pola data.
  • Menyajikan informasi yang jelas dan mudah dipahami melalui berbagai teknik dan alat visualisasi data.
  • Mempelajari bermacam teknologi dan alat untuk menghasilkan strategi data yang inovatif serta meningkatkan efisiensi dan kinerja secara keseluruhan
  • Membuat solusi secara analitis dengan prosedur yang lengkap, mulai dari pengumpulan data hingga presentasi.
  • Bekerjasama dengan semua divisi pra-penjualan hingga penjualan sebagai langkah untuk optimalisasi biaya, pengembangan produk, pemasaran efektif, dan strategi bisnis.
  • Merancang, mengimplementasikan, dan memantau serta menganalisis kinerja model dan akurasi data.
  • Membagi pengetahuan kepada rekan dalam satu organisasi mengenai metode penggunaan data yang efektif.

Data Scientist BRITech

Kesungguhan BRI dalam menanggapi perkembangan teknologi yang kian pesat ditunjukkan melalui BRITech. Di dalam BRITech, data scientist BRI bekerja sebagai konsultan yang berperan memberikan solusi bagi capaian bisnis perusahaan.

Data scientist BRI menggunakan AI (Artificial Intelligence) dan machine learning untuk mengolah data. Fungsi kedua alat ini adalah membuat model yang relevan dengan tujuan bisnis perusahaan.

Data scientist BRI harus bisa berkomunikasi dengan tepat. Ketrampilan ini diperlukan agar hasil temuan dari olahan AI dan machine learning mudah dipahami oleh pembuat keputusan di perusahaan. Bagaimana kerangka kerja data scientist BRI di BRITech?

Kerangka Kerja Data Scientist BRI

Data scientist BRI menggunakan kerangka kerja OSEMN (Obtain, Scrub, Explore, Model, dan Interpret) untuk setiap penelitian dan percobaan yang dilakukan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Obtain

Data Scientist mengumpulkan setiap data yang relevan dari semua sumber yang tersedia. Data yang diperoleh bisa berasal dari seluruh aplikasi BRI maupun sumber eksternal di luar BRI.

2. Scrub

Data scientist melakukan pemeriksaan data secara menyeluruh. Jika ada ketidaksesuaian atau kerusakan data, maka dilakukan pemeriksaan atas sumber data.

3. Explore

Data scientist mengeksplorasi pola data dari sudut pandang bisnis untuk menghasilkan solusi dan memberikan saran.

4. Model

Berdasarkan hasil eksplorasi, data scientist membuat model pola. Data yang digunakan hanyalah yang relevan dengan prediksi yang dibuat setelah melihat hasil akhir.

5. Interpret

Ini adalah tahap terakhir, yaitu menginterpretasikan model. Data scientist mempresentasikan hasil temuan kepada pengambil keputusan. Data model dan saran harus disampaikan dengan jelas agar mudah untuk ditindaklanjuti.

Data Scientist adalah pekerjaan yang kompleks selain menganalisis data. Profesi ini juga mengeksplorasi berbagai teknologi dan alat untuk menciptakan metode baru dan yang disempurnakan untuk perkembangan bisnis.