Press Release: Definisi, Jenis dan Struktur

By: Irwin Andriyanto

Saat akan membangun sebuah perusahaan ataupun membentuk suatu organisasi, mungkin anda akan membutuhkan jasa press release.

Press release adalah suatu informasi mengenai pelaksanaan kegiatan suatu lembaga ataupun perusahaan, perilisan produk, sampai peresmian perusahaan. Sederhananya, press release merupakan usaha untuk melakukan soft selling.

Selain itu, fungsi press release juga dapat memberitahukan kepada masyarakat mengenai promo apa yang sedang perusahaan anda tawarkan saat itu.

Dengan adanya press release, suatu perusahaan akan lebih mudah untuk dikenal publik dan dapat meningkatkan citranya. Maka dari itu, press release sangat diperlukan saat anda akan membangun sebuah perusahaan.

Akan tetapi, sebelum menggunakan press release. Tentu anda perlu mengetahui secara spesifik apa itu press release.

Berbagai jenis press release lengkap dengan contohnya

Press Release: Definisi, Jenis dan Struktur

Ada berbagai jenis press release yang bisa digunakan oleh suatu perusahaan ataupun lembaga dalam mempromosikan company nya. Dibawah ini ada beberapa jenis press release yang paling sering digunakan dan bisa anda coba.

1. General News

Press release versi ini paling sering dan umum digunakan berbagai lembaga dan perusahaan.

Umumnya, mereka akan menggunakan press release ini untuk memberitahukan suatu peristiwa yang terjadi di perusahaan, namun tetap di modifikasi terlebih dahulu.

Press release jenis ini sering digunakan sebagai berita utama untuk press release lainnya. Karena, tujuan utama dari pemberitaan ini adalah memberikan informasi kepada khalayak umum.

Biasanya, press release jenis general news ini akan memberitakan sebuah pencapaian dari lembaga tersebut saat mendapatkan penghargaan.

2. Launch release

Press release yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan general news. Hanya saja, launch release lebih terfokus pada peluncuran suatu perusahaan ataupun produk.

Selain itu, press release ini seringkali disampaikan dengan gaya yang casual dan seringnya ada lanjutan informasi dikemudian hari untuk melanjutkan informasi dari press release sebelumnya.

3. Press release produk

Hampir mirip dengan launch release, bedanya press release jenis ini lebih secara spesifik membicarakan produk yang akan diluncurkan.

Mulai dari kelebihan dari produknya, manfaatnya, ingredients, dan spesifikasi lainnya dari produk itu.

Sehingga, orang-orang dapat mengetahui dengan mudah apakah produk ini wort it atau tidak untuk dimiliki.

4. Rebranding press release

Saat menjalankan sebuah bisnis, terkadang kita ingin mengganti konsep dan haluan dari perusahaan tersebut.

Agar pelanggan setia perusahaan anda tidak kebingungan, anda dapat memberikan informasi tentang perubahan itu terlebih dahulu menggunakan rebranding press release.

Sehingga, meski anda mengganti nama perusahaan sekalipun. Masyarakat umum akan tetap mengenali perusahaan anda.

5. Event press release

Saat akan mengadakan sebuah event atau acara, tentu diperlukan press release.

Sehingga, para pengunjung dari acara tersebut dapat mengetahui informasi-informasi yang penting secara jelas dan terperinci.

Penulisan press release yang satu ini tidak memerlukan kaidah seperti 5W + 1H. Tapi, anda perlu memastikan informasi yang diberikan terkemas dengan menarik dan tidak membosankan.

Kelima press release diatas mungkin merupakan press release yang akan anda gunakan nantinya.

Cara menulis press release yang baik

Struktur penulisan press release kurang lebih sama saja dengan struktur penulisan sebuah berita. Yakni terdiri dari judul, teras dan body.

Yang membedakan keduanya adalah perbedaan awal dan akhir dari informasinya. Jika di awal press release biasanya terdapat logo perusahaan, bahkan tak jarang ada alamat company.

Dan di bagian akhir dari press release selalu terdapat informasi lengkap tentang kontak orang yang bertanggung jawab.

Berikut penjelasan singkat dari ketiga struktur press release..

Judul ( head )

Judul dari press release yang akan anda tulis setidaknya mengandung subjek dan predikat, serta diharuskan menuliskannya dengan kalimat aktif dan lengkap.

Selain itu, dalam menuliskan judul, anda perlu memikirkan kalimat paling menarik yang dapat membuat banyak orang penasaran dengan isi dari pemberitaan tersebut.

Teras ( lead )

Pada bagian ini, anda dapat fokus untuk menonjolkan si pelaku. Anda dapat menggunakan kata-kata seperti siapa yang melakukan ini, kapan dia melakukannya dan pertanyaan-pertanyaan serupa.

Isi ( body )

Dalam bagian ini anda perlu memberikan penjelasan mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya ada di bagian teras tulisan.

Selain mempelajari ketiga struktur ini, sebelum menulis press release, anda dapat melihat press release template yang beredar luas di internet.

Rekomendasi Jasa Press Release Media

Jika anda tidak memiliki waktu untuk membuat sebuah press release, menggunakan jasa press release adalah solusinya.

Karena, anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk press release yang menguntungkan perusahaan anda.

Selain itu, anda tidak perlu repot apalagi sampai pusing memikirkan ide dari press release yang akan anda terbitkan.

Anda dapat menggunakan jasa press release media dari akudigital.com. Dimana agency ini sudah memberikan pelayanan jasa dalam pembuatan press release yang berkualitas untuk ribuan klien.

Klien yang sudah bekerja sama dengan Akudigital pun beragam. Mulai dari usaha bisnis UMKM sampai perusahaan-perusahaan besar.

Bahkan, tidak jarang lembaga-lembaga seperti persija yang menggunakan jasa pembuatan press release dari Akudigital.

Nah, jika anda juga ingin menggunakan jasa press release dari akudigital.com, anda dapat langsung berkunjung ke website resmi mereka untuk informasi lebih lanjut.

Dengan adanya press release dapat membantu perkembangan perusahaan anda, juga membuat citranya bagus di mata masyarakat umum.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anda pelaku usaha atau anggota organisasi tertentu untuk tidak menggunakan press release lagi.