Mengapa Pola Makan Rendah Karbohidrat Efektif Mengontrol Gula Darah?

By: Irwin Andriyanto

Mungkin banyak orang yang masih belum menyadari akan bahayanya jika kadar gula di dalam tubuh berlebih. Menurut pafikabkendari.org, salah satu penyumbang gula darah pada tubuh adalah makanan berkarbohidrat tinggi.

Kesadaran dalam menjaga kadar gula darah sangatlah penting untuk dimiliki. Sebab hal ini akan menjadi pemicu datangnya penyakit yang cukup serius. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah tersebut adalah diabetes.

Jika Anda sudah terkena penyakit diabetes, maka penting untuk mulai mengontrol kadar gula darah. Anda juga perlu untuk memperhatikan asupan gula harian agar tidak menyebabkan hiperglikemia.

Tak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak secara berlebihan mengkonsumsi makanan – makanan dengan kadar gula tinggi seperti karbohidrat. Meskipun karbohidrat dibutuhkan tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa mempengaruhi gula darah.

Mengontrol Gula Darah di Tubuh

Mengapa Pola Makan Rendah Karbohidrat Efektif Mengontrol Gula Darah?
Mengapa Pola Makan Rendah Karbohidrat Efektif Mengontrol Gula Darah?

Alasan Pentingnya Pola Makan Rendah Karbohidrat

Orang – orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau divonis terkena diabetes biasanya disarankan untuk mulai mengubah pola makan.

Dalam hal ini pola makan untuk mengontrol gula darah bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan – makanan rendah karbohidrat.

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa meskipun menjadi sumber energi bagi tubuh, namun karbohidrat yang berlebih juga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Salah satu alasan mengapa Anda disarankan untuk beralih ke pola makan rendah karbohidrat adalah karena untuk mengontrol produksi insulin.

Sebab insulin dapat mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Jika insulin diproduksi dalam jumlah besar, dapat meningkatkan kadar gula darah di tubuh.

Kendati demikian Anda tidak harus sepenuhnya memangkas dalam jumlah besar sekaligus agar pola makan menjadi rendah karbohidrat. Sebab tubuh Anda masih membutuhkan beberapa karbohidrat sebagai sumber energi.

Di samping itu, sebaiknya Anda mulai menghindari karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula tepung, dan sejenisnya yang akan meningkatkan gula darah secara signifikan.

Karbohidrat jenis ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam tubuh karena sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh dalam waktu singkat.

Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat Efektif untuk Kontrol Gula Darah

Jika ingin mengontrol kadar gula darah namun kebutuhan karbohidrat tetap terpenuhi, Anda bisa menerapkan pola makan dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat.

Tips yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur porsi makanan. Anda dapat mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang atau biji – bijian.

Anda juga dapat memilih makanan tinggi serat seperti kacang – kacangan, sayuran, dan buah – buahan. Ini juga efektif dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda mengkonsumsi makanan kemasan, sebaiknya perhatikan angka kadar karbohidrat, gula, dan kandungan lainnya. Ini akan membantu Anda untuk membatasi gula yang masuk ke dalam tubuh.

Di samping itu, Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, kacang almond, atau alpukat. Tenang, makanan tersebut merupakan makanan dengan kandungan lemak sehat untuk diabetes.

Pemilihan makanan rendah karbohidrat sangat efektif untuk membantu mengontrol kadar gula darah di tubuh. Terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes.

Anda juga harus mengatur porsi makan untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tanpa meningkatkan gula darah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur porsi karbohidrat, protein, dan serat pada makanan.

Anda bisa mengikuti saran dari Pafikabkendari.org dengan memperbanyak sayuran untuk kebutuhan serat, menggunakan karbohidrat seperti kacang – kacangan, jagung, gandum, atau kentang, serta daging ayam atau tuna untuk protein.

Tinggalkan komentar