Mengobati Kutu Air di Tangan: Langkah Mudah dan Praktis

By: Irwin Andriyanto

Pafikabmadiun termasuk sumber terpercaya untuk mengetahui segala hal mengenai kesehatan. Salah satunya tentang metode pengobatan kutu air di tangan yang membandel.

Sebagian besar orang Indonesia pasti pernah merasakan kutu air. Entah itu di tangan ataupun kaki. Kondisi ini disebut sebagai tinea manuum, penyebab kutu air  adalah infeksi jamur. Meski bukan penyakit mematikan, Anda tetap harus tahu bagaimana cara mengobatinya.

5 Cara Mengobati Kutu Air di Tangan

Mengobati Kutu Air di Tangan: Langkah Mudah dan Praktis
Mengobati Kutu Air di Tangan: Langkah Mudah dan Praktis

Memberikan sensasi gatal dan perih secara bersamaan membuat penderita merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk itu, inilah 5 cara menghilangkan kutu air di tangan.

1. Merendam Tangan dengan Air Garam

Cara mengobati kutu air yang pertama adalah merendam tangan dengan air garam. Garam sendiri memiliki sifat antibakteri serta antijamur yang bisa menyembuhkan infeksi yang muncul.

Pemakaian garam ini dianggap sangat praktis karena selain murah, Anda bisa mudah mendapatkannya. Untuk penerapannya pun tak sulit, silahkan larutkan ½ sendok teh garam dan secangkir air hangat. Lalu, rendam tangan yang terinfeksi.

2. Memakai Obat Anti Jamur

Cara menghilangkan kuman air di tangan yang menyebabkan kutu air adalah memakai obat anti jamur. Gunakan salep yang sekiranya sudah direkomendasikan oleh dokter.

Sebab, Anda tidak pernah tahu apakah salep yang dijual di toko secara sembarangan itu cocok untuk kulit atau tidak. Makanya, konsultasikan dulu supaya mendapat obat yang manjur dan bisa menyembuhkan.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang didapatkan dari hasil penyulingan daun tea tree. Minyak yang satu ini mempunyai beberapa manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan bakteri, jamur, hingga tungau.

Menilik manfaat inilah yang menjadikan Tea Tree Oil bisa dipakai sebagai alternatif untuk mengobati kutu air yang ada. Pemakaiannya pun sangat simpel dan sederhana.

Cukup oleskan minyak pada area yang terinfeksi. Lakukan sebanyak dua kali sehari dan pastikan rutin. Ini akan membantu juga meringankan rasa perih yang muncul akibat infeksi.

4. Mengoleskan Coconut Oil

Cenang di tangan Anda bisa sembuh dengan cara mengoleskan coconut oil atau minyak kelapa. Menurut beberapa penelitian, minyak ini memiliki kandungan anti jamur yang cukup tinggi.

Sementara itu, pemakaian minyak kelapa juga terkesan simpel. Caranya, Anda bisa menuangkan minyak tersebut ke bagian yang terinfeksi kutu air.

Selain bisa membunuh pertumbuhan jamur, pemakaian minyak kelapa juga bisa mengatasi kulit kering serta iritasi. Supaya maksimal, Anda bisa menggunakannya secara rutin.

5. Memanfaatkan Lidah Buaya

Dalam gel lidah buaya terdapat berbagai jenis kandungan. Mulai dari antivirus, antijamur, antiseptik, serta antibakteri. Jadi, kalau keempat obat di atas tidak mempan, Anda bisa mencoba cara ini.

Langkahnya mudah, silahkan ambil satu batang lidah buaya. Potong menjadi dua bagian dan ambil gelnya. Lalu, oleskan gel lidah buaya tersebut pada tangan yang terkena infeksi kutu air.

Gel ini akan memberikan sensasi dingin yang menyejukkan. Sensasi inilah yang dapat mengurangi rasa gatal serta pembengkakan pada kulit. Oleskan gel tersebut secara rutin, minimal satu kali dalam sehari.

Mengatasi kutu air di tangan bisa Anda lakukan secara otodidak. Memakai beberapa kandungan alami di atas, penyakit tersebut bisa sembuh dengan pengobatan yang rutin.

Namun, kalau penyakit kutu air masih menyerang tangan, Anda bisa melakukan pengobatan ke dokter. Kemudian, jika Anda sering mencari informasi mengenai kesehatan, silahkan buka situs resmi Pafikabmadiun.

Tinggalkan komentar