Cek!! Aturan dan Cara Main Monopoli Tahun Ini

Aturan dan Cara Main Monopoli Tahun Ini

Salah satu permainan yang asik untuk dimainkan secara berkelompok yaitu monopoli. Cara main monopoli ini perlu diperhatikan sejak awal permainan jika ingin muncul sebagai pemenangnya.  Apa saja aturan dan cara main monopoli yang perlu kamu tahu? Mari simak uraiannya berikut ini.

Cara Main Monopoli

Untuk bisa menikmati suatu permainan, kamu harus tahu bagaimana cara memainkannya. Sesederhana apapun permainan itu, jika tidak tahu caranya, maka kamu hanya akan kebingungan saat harus mengawalinya.

Supaya hal semacam itu tidak terjadi saat kamu akan bermain monopoli, ada baiknya jika memperhatikan cara main monopoli berikut ini.

Persiapan

Sebelum memulai permainan, kamu dan tim harus menyiapkan seperangkat alat permainan monopolinya terlebih dahulu. Lalu masing-masing pemain dibekali dengan modal sejumlah dua ratus ribu dollar.

Selain itu kocoklah kartu dana umum dan kartu kesempatan yang tersedia. Kemudian tempatkanlah kartu-kartu tersebut secara terbalik pada tempatnya masing-masing. Kartu ini harus diambil saat kamu berada di pos yang terdapat keterangan untuk mengambilnya.

Tentukan Pemain

Saat akan memainkan monopoli, para pemain harus menentukan urutan yang akan memainkannya. Untuk menentukan urutan pemain ini, kamu bisa memilihnya dengan melakukan suit, hompimpa ataupun melalui kesepakatan lainnya di awal permainan.

Lempar Dadu

Setelah sudah mengetahui urutan pemain, maka satu persatu dari mereka memiliki kesempatan untuk melemparkan dadu untuk bisa menggerakkan pionnya. Pemain akan diberikan kesempatan untuk melemparkan dua buah dadu dalam sekali waktu.

Gerakkan Pion

Saat sudah mendapatkan hasil dari lemparan dua buah dadu, kamu harus segera menggerakkan atau menjalankan pion sesuai jumlah tersebut.

Peraturan dalam Permainan Monopoli

Aturan dan Cara Main Monopoli Tahun Ini

Setiap permainan memiliki aturan mainnya sendiri, begitu pula dengan monopoli. Inilah beberapa peraturan yang perlu kamu ketahui saat akan bermain monopoli.

Garis Start

Permainan dimulai dengan menempatkan pion pada garis start. Namun ketika pion berjalan sesuai jumlah yang dihasilkan oleh dadu dan ternyata melewati garis start, maka kamu akan secara otomatis mendapatkan uang sebesar dua puluh ribu dolar.

Kartu Kesempatan dan Dana Umum

Saat melangsungkan permainan, maka ada kemungkinan bahwa kamu akan mendapat giliran untuk memperoleh kartu kesempatan dan dana umum. Kartu ini berisi petunjuk dan kesempatan lain yang akan kamu dapat.

Simpanlah kartu bebas penjara jika kamu mendapatkannya. Kartu ini akan berguna saat kamu masuk penjara nanti. Dengan kartu ini kamu bisa bebas dari penjara tanpa perlu membayar denda.

Beli dan Sewa

Saat pion yang dimainkan berhenti pada pos atau area tertentu, maka kamu berhak untuk membeli ataupun menyewanya saat belum ada yang memilikinya. Kamu cukup membayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera pada pos tersebut kepada pihak Bank.

Denda

Kamu harus membayarkan denda ketika pion milikmu berhenti pada area atau fasilitas umum yang sudah dibeli ataupun disewa oleh pemain lain. Hal sebaliknya juga berlaku bagi pemain lainnya yang pionnya berhenti di area yang sudah kamu sewa ataupun beli.

Penjara

Pemain akan masuk penjara saat pion yang dimainkannya berhenti pada pos dengan keterangan masuk penjara. Kemungkinan lainnya yang bisa memasukkanmu ke penjara yaitu saat mendapatkan kartu kesempatan dan dana umum yang memerintahkanmu untuk masuk penjara.

Selain itu kamu juga bisa masuk penjara jika melempar dadu sebanyak tiga kali dengan hasil angka yang sama secara berturut-turut. Tapi kamu bisa terbebas dari penjara dengan cara membayar denda sejumlah lima puluh dollar.

Cara lainnya untuk membebaskan diri yaitu dengan menggunakan kartu bebas dari penjara yang diperoleh sebelumnya, yaitu saat kamu mendapatkannya dari kartu kesempatan dan dana umum.

Beli Rumah dan Hotel

Pemain hanya bisa membeli rumah setelah ia membeli bidang tanah pada suatu pos. Dan pemain hanya bisa membeli satu hotel ketika sudah membangun empat rumah pada tanah yang dibelinya. Ketika berhasil membeli satu hotel, maka ke empat rumah harus diserahkan ke pihak Bank.

Jual dan Gadai

Kamu bisa menjual aset yang belum dibangun ke pemain lainnya dengan harga sesuai kesepakatan bersama. Namun jika sudah dibangun suatu bangunan, maka kamu harus menjualnya ke Bank dengan separuh harga. Kamu juga bisa menggadaikan asetmu sesuai harga yang tertera pada kartu.

Pemenang

Untuk bisa diakui sebagai pemenang, maka pemain harus memiliki aset dan kekayaan yang banyak. Selain banyaknya kekayaan yang dimilikinya, ia juga harus bisa bertahan sampai akhir.

Tips Bermain Monopoli

Cara main monopoli akan lebih asik saat kamu tahu tips untuk memenangkan permainan tersebut. Inilah dua tips agar bisa menjadi pemenang dalam permainan monopoli tersebut.

  1. Agar langkah pion lebih terarah, kamu harus tahu cara melemparkan dadu yang baik agar hasilnya sesuai harapanmu.
  2. Belilah aset saat sudah memiliki cukup uang dan jangan menunda-nunda peluang untuk membeli ataupun menyewanya.

Setidaknya itulah tips yang bisa kamu gunakan agar acara main monopoli bisa memberikan kekayaan yang melimpah dan membuatmu menjadi seorang pemenang.