Cara Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima HRD dengan Mudah

Cara Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima HRD dengan Mudah

Cara pertama yang sering menjadi andalan agar cepat diterima HRD yaitu dengan membuat surat lamaran sesuai contoh surat lamaran kerja yang sudah terakui kualitasnya. Contoh surat lamaran pekerjaan ini akan dibutuhkan sebagai acuan saat mempersiapkan dokumen lamaran.

Tidak jarang orang berfikir bahwa contoh surat lamaran pekerjaan yang berkualitas itu tidak diperlukan.

Padahal berawal dari contoh surat lamaran pekerjaan berkualitaslah kamu akan mampu mempersiapkan dokumen lamaran yang bermutu.

Hal pertama yang dilihat HRD dari dokumen lamaranmu adalah surat lamaran kerja dan CV milikmu.

Dengan mencontoh surat lamaran pekerjaan berkualitas maka kamu dapat menyiapkan informasi berbobot yang tidak perlu banyak bertele-tele.

Setelah mencontoh surat lamaran pekerjaan dengan baik, masih ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

Beberapa hal tersebut akan berpengaruh terhadap bagaimana keputusan akhir HRD dalam menerima atau menolakmu untuk bekerja di sana.

3 Cara Jitu Agar Cepat Diterima HRD

Cara Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima HRD dengan Mudah

Sebagai seorang pelamar, hal yang paling dinanti adalah pernyataan HRD mengenai keputusannya untuk menerimamu bekerja di instansi yang kamu lamar.

Sayangnya ada banyak pelamar yang juga mengaharapkan hal yang sama seperti keinginanmu.

Dengan kata lain, ada banyak dokumen lamaran dan calon pekerja berbobot yang mengantri di sana.

Masing-masing dari mereka pastinya juga sudah mencontoh surat lamaran pekerjaan berkualitas untuk menyiapkan dokumen lamaran yang bermutu.

Hal tersebut membuat posisimu menjadi memiliki peluang yang lebih kecil untuk diterima.

Untuk itu kamu perlu mengetahui cara yang bisa kamu gunakan agar memperbesar peluang diterima. Berikut ini beberapa cara untuk memperbesar peluangmu agar cepat diterima HRD.

1. Tirulah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Berkualitas

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa contoh surat lamaran kerja adalah salah satu hal pertama yang dilihat oleh HRD.

Dengan membaca surat lamaranmu, HRD akan mendapatkan informasi posisi yang akan kamu lamar dan lampiran dokumen penunjangnya.

Kesan pertama yang akan dimunculkan pertama kali oleh HRD setelah melihat contoh surat lamaran pekerjaan milikmu akan mempengaruhi tindakan berikutnya.

Jika surat lamaranmu bisa menarik perhatiannya, kemungkinan besar CV dan lampiran lainnya pun akan ditengok.

Saat membuat surat lamaran kerja, pastikanlah bahwa kamu menggunakan kalimat formal yang sopan dan santun.

Hal ini akan meningkatkan poin penilaian untukmu sebelum menilai hal-hal lainnya yang lebih spesifik.

2. Membuat CV yang Berbobot

Setelah contoh surat lamaran berkualitas kamu tiru, hal berikutnya yang perlu kamu panut yaitu contoh CV berbobot.

Dengan begitu maka CV milikmu akan ikut berbobot sebagaimana yang kamu tiru tadi.

Ciri-ciri CV berbobot yaitu lugas, tegas, dan informatif. Tentunya kriteria tersebut harus didukung dengan data valid yang dituliskan secara jujur dan dengan tampilan CV yang simpel dan menarik, serta pemilihan warna dan desain yang berkelas.

Beberapa informasi penting yang perlu ada pada CV berbobot yaitu data diri, jenjang pendidikan terakhir, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, serta soft skill dan hard skill yang dikuasai. Informasi tersebut juga harus disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar.

Pastikan bahwa informasi yang kamu sampaikan dapat memperbesar peluang diterima pada posisi yang kamu lamar.

Jika informasi yang kamu berikan ternyata tidak sejalan dengan posisi yang dilamar, maka besar kemungkinan bahwa peluang diterima akan semakin kecil.

Jika kamu merasa bahwa soft skill dan hard skill yang kamu miliki belum dapat menunjang dokumenmu, ada baiknya jika kamu meningkatkan skill yang kamu miliki. Tingkatkanlah skill sesuai potensimu agar dia lebih mudah untuk melesatkanmu ke tujuanmu.

Selain meningkatkan skill sesuai potensimu, kamu juga perlu mengamati tentang skill apa yang sedang diminati saat ini. Setelah itu berusahalah untuk menguasai skill itu juga, meskipun tidak sampai mahir. Skill yang kamu miliki akan menjadi poin plus untukmu.

3. Mampu Berbahasa Asing

Beberapa perusahaan ternama biasanya akan mensyaratkan calon pekerjanya agar mampu berbahasa asing dengan baik.

Kemampuan berbahasa asingmu harus kamu cantumkan pada CV. Tunjukkanlah tingkat kemahiran berbahasa asingmu dalam bentuk bar chart.

 Semakin baik penguasaan Bahasa asing yang kamu miliki, maka semakin besar kemungkinanmu untuk diterima.

Apabila kamu menguasai beberapa bahasa asing, maka cantumkanlah semua bahasa asing tersebut ke bentuk bar chart yang simpel dan informatif.

Itulah hal-hal utama yang harus kamu perhatikan selain contoh surat lamaran pekerjaan berkualitas.

Dengan melakukan cara di atas maka peluangmu untuk cepat diterima HRD akan semakin besar. Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan memperhatikan penampilanmu.

Meskipun belum sampai pada tahap wawancara, namun penampilanmu tetap harus sopan dan rapi ketika mengantarkan dokumen lamaran kerja ke kantornya. Contoh surat lamaran pekerjaan yang kamu tiru bisa menjadi hal yang sia-sia jika hal ini tidak kamu perhatikan.

You May Also Like