Apa itu Lasik: Pengertian, Syarat dan Metode

By: Irwin Andriyanto

Bagi sebagian orang yang mengalami masalah kesehatan pada mata, tentu ingin menggunakan pengobatan apapun agar sembuh. Mungkin Anda sudah pernah mendengar metode lasik, tapi apa perbedaan lasik dan laser mata?

Penjelasan Metode Pengobatan Lasik

Jika mempertanyakan akan perbedaannya, sebelum itu wajib tahu akan pengertian dari lasik. Sebetulnya lasik menjadi singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis. Nama dari tindakan operasi laser mata untuk bisa menyembuhkan adanya kelainan refraksi.

Keberadaan dari metode ini tentu akan memberikan bantuan, salah satunya ialah orang dengan mata minus. Jadi, tidak perlu lagi gunakan kacamata untuk bantu pandangan. Karena berperan dalam membentuk kembali kornea. Apalagi untuk harga lasik mata pun dinilai terjangkau.

Operasi lasik mata minus tinggi sudah sering dilakukan karena tidak sakit dengan teknologi laser, jadi bias cahaya akan selalu jatuh tepat di retina. Pada permasalahan mata miopi, maka bias cahayanya jatuh di depat retinanya dan penglihatan buram.

Pada kasus rabun dekat, maka bias cahaya hanya dapat mengenai di belakang retinanya. Artinya lasik mampu mengoreksi tiga masalah mata yakni rabun dekat, astigmatisme dan minus. Dengan teknologi laser ini, membuat retina punya lengkung sempurna.

Apa Saja Persyaratan Operasi Lasik

Apa itu Lasik: Pengertian, Syarat dan Metode
Apa itu Lasik?

Jika Anda adalah salah satu orang dengan penderita masalah mata seperti di atas. Maka ketika mau melakukan prosedur operasi laser mata, wajib paham apa saja syarat lasik mata. Terdapat sekitar lima syarat lasik, yakni:

1. Wajib Berusia 18 Tahun Ke Atas

Syarat wajib sebelum Anda melakukan lasik adalah telah berusia 18 tahun ke atas. Karena di umur ini pada umumnya mengenai kestabilan status refraksi bagus. Kemudian, keadaan ini biasanya tidak akan ada pada usia anak-anak.

2. Melihat Ketebalan Kornea Dahulu

Karena tidak ada beda lasik dan laser mata, sebab yang jadi pembeda hanya sebutan saja. Namun, untuk prosedur sama saja. Dalam beberapa kasus, ketika mau melakukan operasi laser maka perlu lihat dulu ketebalan kornea yakni di atas 500 mikron.

3. Melihat Tingkat Kelainan Refraksi

Terakhir akan melihat seberapa parah tingkat kelainan refraksi, karena jika sudah cukup parah yakni miopia dengan melebihi -16.00. Kemungkinan, sudah tidak bisa menggunakan prosedur operasi laser lasik PRK.

Ragam Metode Operasi Lasik

Setelah memahami apa sebetulnya prosedur musik atau laser mata, maka untuk informasi selanjutnya adalah tentang beberapa metode dalam melakukan operasi tersebut. Karena ternyata terdapat tiga cara, dan inilah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Metode Lasik PRK

Pada metode operasi yang pertama ini memang paling banyak disebut sebagai operasi lasik. Kemudian ini adalah salah satu prosedur bedah refraktif bagi beberapa mata yang memiliki kondisi tertentu.

Prosedurnya itu akan dimulai dari pelepasan epitel dengan bromance membran. Dokter pun akan mengangkat epitel dan membentuk kornea dengan mesin excimer laser. Pada prosedur akhir, nanti akan dipasang bendage kontak lens sehingga epitelnya telah membentuk kembali dengan sempurna.

2. Menggunakan Metode Femto Lasik

Harga lasik mata itu beraneka ragam, sebab untuk prosedurnya akan berbeda. Salah satu metode operasinya adalah femto lasik yang mana ialah generasi kedua LVC. Mengoreksi masalah mata miopia, astigmatisme dan hipermetropi. Caranya dengan membentuk flap lalu mengikis kornea pakai lase.

3. Metode Operasi Relex SMILE

Memiliki nama panjang refractive lenticule extraction small incision lenticule extraction. Ialah generasi baru atau ketiga dari LVC, bahkan jauh lebih canggih dari kedua metode lainnya. Prosedurnya memang sangat nyaman, cepat, tidak ada rasa sakit dan cepat sekali.

Proses lasik mata ini adalah pembentukan lenticule tipis di dalam lapisan stroma kornea. Kemudian juga menggunakan mesin bernama visumax femtosecond laser. Dokter akan mengambil lenticule sekitar 24 mm, maka kelainan mata dapat teratasi.

Jika mau menyembuhkan kelainan pada mata, maka alangkah baiknya lakukan konsultasi dengan dokter mata. Lalu, Anda akan disarankan untuk menggunakan metode lasik yang seperti apa. Semoga ulasan ini mampu memberi banyak manfaat.