7 Strategi Jitu Bikin Bisnis Kuliner Semakin Meroket

By: Irwin Andriyanto

Bisnis kuliner merupakan salah satu terobosan bisnis yang tidak ada matinya bagi para UMKM. Asalkan si pebisnis dapat selalu menjaga bisnisnya agar tetap kekinian. Untuk menjaganya agar tetap kekinian, seorang pebisnis juga harus melek teknologi dan up to date dengan info terkini.

Open minded ini perlu dimiliki oleh setiap pebisnis agar bisa menyusun strategi jitu yang bisa bikin usaha kuliner semakin meroket. Berikut ini tujuh strategi jitu yang bisa Anda praktekkan agar tetap mendapat hati pelanggannya.

7 Strategi Jitu Bikin Bisnis Kuliner Semakin Meroket

1.Perbaiki Kemasan

Seumur hidupnya manusia akan selalu disibukkan untuk memperbaiki diri. Baik memperbaiki jiwanya maupun raganya. Hal ini juga berlaku pada suatu produk. Sebaik apapun suatu produk, ia tetap harus dipantau kondisinya.

Apalagi jika kaitannya dengan tampilan luar dari produk tersebut. Tampilan luar yang biasa orang lihat yaitu tentang cara dan bahan pengemasannya. Jika kemasannya baik dan menarik maka secara otomatis alam bawah sadar seseorang akan berfikir bahwa rasanya pun juga lezat.

Maka dari itu, orang yang memiliki bisnis harus selalu update mengenai kemasan yang sedang trend saat itu. Kenapa sih kemasan harus sesuai trend? Hal ini dikarenakan pada umumnya orang ingin selalu tampil yang terbaik dan mengikuti trend yang paling diminati oleh masyarakat.

2. Inovasikan Layanan Pesan Antar

Sering kali orang ingin mencicipi suatu makanan yang ada di luar sana. Sayangnya, terkadang ia tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perjalan menuju tempat tersebut dan melakukan antrian panjang saat memesannya.

Momentum ini bisa dijadikan peluang untuk memberi solusi bagi mereka yang memiliki kendala tersebut. Anda bisa menawarkan pelayanan pesan antar yang praktis dan solutif. Agar layanan ini bisa lebih memanjakan pelanggan, tawarkanlah banyak pilihan cara untuk pembayarannya.

Selain itu, Anda juga harus memberikan pelayanan yang memudahkan dan memuaskan pelanggan selama melakukan proses pesan antar. Jangan sampai sistem yang digunakan pada layanan pesan antar ini justru membuat pelanggan kerepotan dan menghabiskan banyak waktu.

3. Gunakan Potongan Harga

Potongan harga yang diberikan penjual kepada pembelinya ini dapat menjadi daya tarik yang tidak bisa ditolak oleh masyarakat. Biasanya orang akan langsung tersihir dengan adanya potongan harga. Mereka akan memanfaatkan harga miring ini untuk membeli produk sebanyak-banyaknya.

Untuk potongan harga ini dapat Anda modifikasi dalam bentuk diskon satuan, diskon bundling, promo untuk mendapatkan gratis produk lain, ataupun voucher belanja. Usahakan untuk membuat potongan harga yang berbeda-beda setiap saatnya agar pelanggan tidak bosan.

4. Manfaatkan Media Sosial

Sebagai makhluk sosial tentu kita membutuhkan media untuk bersosialisasi. Tidak mengherankan jika banyak yang bermedia sosial dengan aktif. Keaktifan masyarakat dalam bermedia sosial inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk meroketkan penjualan.

Anda bisa membuat website resmi untuk menjelaskan tentang toko, produk, dan berbagai layanan lainnya. Sedangkan untuk mempublikasikan dan mengajak pelanggan agar berinteraksi dengan aktif dapat dilakukan dengan memanfaatkan Instagram, Facebook, Twitter, Tik Tok, dll.

5. Perbaiki Tampilan Website

Setelah membuat website, Anda juga perlu meminta penilaian kepada pelanggan tentang kesannya terhadap tampilan web. Buatlah kuisioner singkat dan sederhana yang bisa menjadi masukan agar tampilan web Anda lebih mudah dan nyaman untuk dijelajahi.

Tampilan website ini perlu Anda perbaiki agar pelanggan merasa nyaman ketika ingin mencari tahu atau membeli produk Anda. Kelompokkan setiap produk sesuai dengan kategorinya, agar pelanggan tidak kebingungan saat mencarinya.

6. Iklan

Media sosial yang digunakan untuk mempublikasikan produk biasanya juga menyediakan fitur iklan untuk mempromosikannya. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut untuk mulai mempromosikan produk. Untuk fitur iklan ini Anda akan dikenakan biaya dengan jumlah tertentu.

7. Gunakan Influencer

Zaman sekarang orang akan mengikuti apa yang digunakan dan dikonsumsi oleh tokoh yang menjadi idolanya. Anda bisa memanfaatkan idola-idola mereka sebagai influencer. Pastikan bahwa influencer itu sejalan dengan produk Anda.

Aplikasi Kasir untuk Para Pelaku Bisnis

Sebagai orang yang menjalankan suatu bisnis tentu Anda membutuhkan aplikasi yang bisa membantu memudahkan dan memperlancar jalannya. Salah satu aplikasi kasir digital yang bisa Anda gunakan yaitu Qasir.

Qasir merupakan salah satu aplikasi keuangan yang biasa digunakan oleh para pelaku UMKM. Ia dapat membantu para pebisnis dalam melakukan pencatatan jual beli, pengelolaan produk, laporan penjualan, dan pembayaran digital.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah aplikasi qasir berbayar atau gratis. Bagi yang ingin mencobanya terlebih dahulu maka Anda sebaiknya menggunakan fitur gratisannya terlebih dahulu. Setelah yakin untuk menggunakannya dalam jangka panjang maka Anda dapat meng-upgrade ke premium.

Ada banyak keunggulan yang diberikan oleh Qasir. Salah satunya yaitu tentang pengelolaan diskon. Dalam pengelolaannya Anda akan mendapatkan laporan diskon, pengaturan pemberian diskon, dan waktu yang dijadwalkan untuk diskon.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembuatan website bisnis melalui Qasir dengan cara berlangganan Qasir Pro. Untuk jasa pembuatan website Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Website ini akan sangat bermanfaat dalam memaksimalkan penjualan Anda nantinya.

Itulah tujuh strategi jitu yang bisa meroketkan bisnis kuliner Anda serta aplikasi pendukungnya. Dari ke-7 strategi tersebut sebaiknya Anda memilih cara yang paling memungkin untuk dilakukan. Jika belum ada dana lebih, maka pilihlah cara yang paling sedikit mengeluarkan biaya.