5 Pertimbangan Sebelum Membeli Point of Sales

Pertimbangan Sebelum Membeli Point of Sales, Berikut ini manfaat adanya penggunaan online payment bagi pelanggan dan pemilik usaha., Aplikasi Kasir Online Gratis, 7 Strategi Jitu Bikin Bisnis Kuliner Semakin Meroket

Point of Sales atau POS merupakan wadah pembayaran para pembeli ketika membeli sebuah produk. Umumnya POS dapat berbentuk smartphone, tablet, mesin EDC, mesin, ataupun perangkat lainnya yang bisa dipakai ketika transaksi. Di Indonesia sendiri terkenal dengan sebutan mesin kasir atau (cash register).

Selaras dengan namanya, Point of Sales adalah pusat penjualan (check out) di mana transaksi jual beli bisa dikatakan selesai.

Hal tersebut adalah saat penjual dan pembeli melaksanakan pembayaran atas jasa atau barang yang sudah diterima.

Mulanya, fungsi dari POS hanya untuk memudahkan dan membantu para pemilik usaha saat melakukan transaksi jual dan beli. Lalu, dengan berkembangnya teknologi pada setiap masa fitur Point of Sales pun semakin bertambah.

Pertimbangan Sebelum Membeli Point of Sales

Point of Sales berubah menjadi wadah penyimpanan data pelanggan, membantu untuk merekap laporan penjualan, bahkan dapat menghitung laba maupun rugi dari penjualan. Mempunyai POS pada saat ini juga tidak sulit, tidak usah membeli alat khusus atau mesin kasir yang mahal, cukup menggunakan  ponsel pintar sudah dapat mempermudah dan membantu bisnis Anda.

Biasanya cara kerja POS adalah penjual atau kasir akan menghitung total seluruh biaya yang dibeli pelanggan dan serta menanyakan pilihan pelanggan untuk membayar biaya produk tersebut melalui apa dan selanjutnya mesin akan mencetak struk atau tanda terima transaksi jual beli yang telah dilakukan.

Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda cermati dan perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah sistem Point of Sales bagi kebutuhan bisnis Anda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

1. UI yang Mudah Digunakan

Kecanggihan teknologi memang memudahkan tetapi tidak sedikit juga yang membuat bingung penggunanya termasuk juga dengan sistem Point of Sales. Sistem dari POS yang membingungkan atau UI yang tidak ramah dengan pengguna sehingga membutuhkan waktu untuk pelatihan yang intensif akan memakan waktu yang lebih banyak bahkan justru akan mempersulit Anda atau karyawan Anda sebagai penjual.

POS yang sulit juga justru akan membuat lambat proses transaksi jual beli bukan mempermudahnya.

Maka, pilihlah sistem Point of Sales yang ramah pengguna atau mudah digunakan sehingga dapat mempermudah Anda saat menggunakannya. Anda tak usah mengikuti pelatihan yang lama, karena bisa mempelajarinya secara otodidak dan cepat. Seperti aplikasi Moka POS yang serba praktis dan mudah.

2. Kualitas dan Harga

Pastinya harga serta kualitas termasuk dalam pertimbangan yang paling utama. Pastikan Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran Anda sesuai dengan kebutuhan Point of Sales yang bisa memudahkan bisnis Anda dengan fitur-fiturnya yang canggih.  Contohnya aplikasi dari Moka POS yang menghadirkan kualitas yang baik dengan harga yang ramah dengan kantong Anda.

Jangan lupa untuk selalu menanyakan pada penyedia sistem POS harga pemasangan alat, peningkatan software, instalasi aplikasi, dan fitur bantuan, sebelum Anda menentukan sistem POS tersebut telah cocok bagi Anda.

3. Dukungan Teknis

Mungkin Anda akan menemui masalah di sistem POS yang tidak mampu Anda tangani sendiri. Jadi, pastikan Anda membeli sistem POS yang juga menyediakan layanan dukungan teknis untuk membantu Anda saat sedang ada masalah yang terjadi di lapangan.

Dukungan teknis POS akan membuat Anda merasa lebih nyaman serta aman ketika Anda menggunakan teknologi dari sistem Point of Sales tersebut.

4. Perangkat Point of Sales (POS) yang diperlukan

Untuk sistem Point of Sales terdapat dua perangkat yang dibutuhkan yaitu perangkat lunak atau software dan perangkat keras atau hardware. Pastikan Anda membeli kedua perangkat tersebut. Perangkat lunak mencakup server jaringan yang diperlukan, peralatan sistem tampilan, dan lainnya.

Sementara perangkat keras yang sering dibutuhkan meliputi monitor, alat cetak, dan sebagainya.

5. Fitur yang Harus Ada

Fitur yang ada biasanya akan berpengaruh pada harga. Oleh karena itu, pastikan fitur apa yang Anda inginkan tersebut ada dalam sistem Point of Sales yang akan Anda beli. Aplikasi Moka POS menghadirkan beragam fitur yang bisa membantu Anda dalam memaksimalkan pengelolaan usaha Anda.

You May Also Like