5 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Cara Memutihkan Gigi Kuning Membandel

Gigi kuning bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi sebagian orang. Berkunjung ke dokter gigi bisa menjadi solusi, namun ada juga beberapa cara memutihkan gigi kuning yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Secara alami, gigi akan mengalami perubahan warna karena menurunnya pelapis gigi atau enamel seiring dengan bertambahnya usia. Namun ada beberapa faktor lain yang bisa membuat gigi kuning, seperti gaya hidup.

Faktor yang bisa mempercepat perubahan warna gigi:

  1. Sering mengonsumsi kopi, teh, minuman bersoda, dan anggur merah
  2. Kebiasaan merokok dan mengunyah tembakau
  3. Mengonsumsi buah bit dan blueberry
  4. Membiarkan penumpukan plak tanpa ditangani
  5. Tidak menjaga kebersihan gigi
  6. Efek samping obat
  7. Sering mengonsumsi makanan atau minuman manis

Cara Memutihkan Gigi Kuning Membandel

Cara Memutihkan Gigi Kuning Membandel

Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan gigi kuning, Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan dan melakukannya dengan baik dan cermat. Penerapan yang salah bisa berdampak pada kerusakan enamel yang menimbulkan gigi sensitif hingga berlubang

Terdapat beberapa cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat yang bisa Anda coba di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah untuk Anda dapatkan. Simak informasi berikut ini.

1. Rutin Sikat Gigi dengan Benar

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel bisa dilakukan dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari dengan cara yang benar. Minimal lakukan selama dua menit setiap kali menggosok gigi. Sikatlah gigi dengan lembut dan gerak memutar pada seluruh bagian gigi.

Gosok gigi setiap selesai mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning. Gunakan pasta gigi dengan kandungan pemutih alami seperti Close Up White Attraction untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi.

2. Baking Soda

Menggunakan baking soda untuk sikat gigi merupakan salah satu cara memutihkan gigi kuning dan berkarang karena kedua bahan tersebut dapat membantu menghilangkan menghilangkan noda kuning dan plak yang membandel.

Baking soda akan membuat lingkungan mulut bersifat alkali yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Maka dari itu, kebanyakan pasta gigi memanfaatkan baking soda sebagai bahan dasarnya.

Campurkan 1 sendok teh baking soda dan 2 sendok teh air, lalu gosoklah gigi dengan campuran bahan tersebut. Lakukan cara tersebut secara rutin, beberapa kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

3. Cuka Apel

Cuka apel ternyata dapat mengatasi gigi kuning. Cara memutihkan gigi kuning dengan menggunakan cuka apel sebagai obat kumur. Campurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 180 ml air dan kumur-kumur selama 30 detik.

Setelah kumur dengan cuka apel dilanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasa dengan menggunakan unakan Close Up White Attraction, pasta gigi natural smile dengan kandungan 2.5x whitening power untuk mengangkat noda kuning pada gigi.

Namun, meskipun tergolong aman, cuka apel yang bersifat asam ini memiliki efek samping bila dilakukan terlalu sering karena dapat mengikis permukaan gigi. Maka dari itu, gunakan obat kumur cuka apel ini secukupnya saja.

4. Minyak Sayur

Cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama juga dapat dilakukan dengan menggunakan minyak sayur. Metode yang biasa disebut oil pulling ini sudah dilakukan oleh Suku Indian sejak dulu untuk menghilangkan racun dalam tubuh dan menjaga kesehatan mulut.

Minyak yang digunakan biasanya minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau minyak wijen. Namun Anda bisa gunakan minyak apapun. Caranya sangat mudah, yakni hanya dengan menggunakan minyak tersebut untuk berkumur selama beberapa detik.

Minyak kelapa lebih umum digunakan sebagai cara mengatasi gigi kuning secara alami karena rasanya lebih segar di mulut. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat cukup tinggi yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi radang.

Menggunakan minyak untuk menghilangkan gigi kuning ini tergolong aman dan dapat dilakukan secara rutin karena tidak bersifat asam dan korosif.

5. Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur sudah disarankan oleh para ahli untuk menjaga kesehatan. Selain itu, buah dan sayur dengan kadar air tinggi juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan gigi kuning.

Kandungan air pada buah dan sayur tersebut efektif membersihkan gigi dan gusi, serta menghindari gigi dari plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Mengunyah buah dan sayur akan meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membantu mendorong sisa makanan pada gigi.

Buah dan sayur dengan kandungan air tinggi yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi kuning yang membandel antara lain wortel, stroberi, dan seledri.

Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, lemon, dan nanas juga salah satu cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama. Selain itu, buah-buahan tersebut juga membantu meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh.

Demikian beberapa cara memutihkan gigi kuning membandel. Selain menerapkan cara mengatasi gigi kuning secara alami tersebut, jangan lupa untuk menghindari makanan dan minuman penyebab gigi kuning, dan selalu rutin menggosok gigi setiap hari.

Gosok gigi dengan pasta gigi Close Up yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan pemutih gigi alami untuk hasil maksimal.