15 Jenis Asuransi di Indonesia (Paling Lengkap)

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Perlindungan terhadap sesuatu yang belum terjadi di masa depan bisa disiasati dengan menggunakan produk asuransi. Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi untuk para nasabahnya, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi MPM untuk karyawan, asuransi kendaraan Askrida, dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Jenis asuransi yang ada di Indonesia sebenarnya sangat banyak. Masing-masing disesuaikan dengan tujuan pembuatan asuransi, diantaranya :

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi terhadap kesehatan nasabah dengan memberikan uang pertanggungan ketika nasabah sakit atau kecelakaan. Biaya pertanggungan bisa berupa rawat inap ataupun rawat jalan.

Beberapa contoh asuransi kesehatan yaitu Cigna Proteksi Sehat, AXA Mandiri Smartcare Executive, Simas Sehat Gold dan masih banyak lagi lainnya.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi berupa uang pertanggungan yang nantinya diberikan kepada ahli waris tertanggung, ketika tertanggung meninggal dunia. Beberapa contohnya yaitu Sequis Life Financial Smart Life, Prudential PRUsafe Guard, dan lain-lain.

3. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko kecelakaan yang mengakibatkan tertanggung meninggal dunia. Penyebabnya bisa karena kecelakaan diri, kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan pesawat terbang.

Sepintas, asuransi kecelakaan ini mirip dengan asuransi jiwa. Hanya saja asuransi kecelakaan fokus pada penyebab kematian yaitu kecelakaan dari berbagai sebab. Bukan kematian akibat sakit dan lain sebagainya di luar kecelakaan.

4. Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan berupa uang  ganti rugi saat terjadi kerusakan pada mobil yang dimiliki tertanggung. Macamnya ada dua, yaitu all risk dan Total loss only atau TLO.

All risk memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat hingga parah, sementara total loss only memberikan uang penggantian pada kerusakan ringan. Contohnya Asuransi Tugu Pratama, Asuransi Sinarmas, Asuransi ACA, Asuransi kendaraan asuransi Askrida, dan lain-lain.

5. Asuransi Motor

Asuransi motor adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan motor maupun kehilangan. Prinsipnya sama seperti asuransi mobil, asuransi motor juga memberikan uang ganti rugi jika terjadi kerusakan ringan dan berat sampai kehilangan motor. Contohnya asuransi kendaraan asuransi Askrida, Adira MotoPro, Sinarmas Simas Motor dan lain-lain.

6. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan terhadap dana pendidikan anak sampai jenjang tertentu. Missal pendidikan anak sampai kuliah. Orang tua akan membayarkan premi secara bertahap dan dapat diambil ketika batas waktu yang diinginkan sudah datang. Tujuannya untuk keperluan dana pendidikan anak.

Contoh asuransi pendidikan yaitu AXA Mandiri, Manulife Education Protector, Asuransi Pendidikan Allianz, dan lain-lain.

7. Asuransi Dwiguna

Asuransi Dwiguna adalah asuransi yang memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu asuransi sekaligus tabungan. Jadi nilai manfaat yang didapatkan ada dua, yaitu uang pertanggungan sekaligus uang tunai yang berasal dari tabungan dan bisa diambil di akhir masa polis.

Contoh asuransi dwiguna yaitu Prudential Usave PRUStar, Astra Life AVA iPLAN Protection, dan lain sebagainya.

8. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah jenis asuransi yang dialokasikan ke dalam dua jenis perlindungan, yaitu proteksi dan juga investasi. Produk asuransi unit Link ini bisa didapatkan pada asuransi lainnya seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan juga asuransi kesehatan.

Contohnya Allianz SmartLink New Flexi Account, PRULink Assurance Account, dan lain-lain.

9. Asuransi Properti

Asuransi properti adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan pada properti rumah ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian, kebakaran sampai bencana alam.

Contohnya asuransi ACA Rumah Idaman, Adira Tempat Usaha, Sinar Mas Simas Ruko dan lain-lain.

10. Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi ketika terjadi kebakaran yang bisa diakibatkan oleh sambaran petir, ledakan gas, kebakaran yang disengaja dengan pelemparan api sampai kebakaran karena kejatuhan pesawat terbang.

Contohnya ACA Asuransi kebakaran, Asuransi kebakaran Jasindo, Sinar Mas dan lain-lain.

11. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan saat terjadi hal yang tidak diinginkan selama melakukan sebuah perjalanan, seperti kehilangan barang, sakit, hingga kecelakaan.

Contohnya asuransi perjalanan Adira, asuransi perjalanan Sompo, Sinar Mas, dan lain sebagainya.

12. Asuransi Bisnis

Asuransi Bisnis adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap aset bisnis, termasuk di dalamnya karyawan. Asuransi bisnis termasuk dalam asuransi MPM untuk karyawan, dimana ada asuransi konstruksi di dalamnya yang mempengaruhi kesinambungan bisnis yang sedang berjalan.

Contohnya AIA Voluntary Solution, BCA Life Health Protection dan lain sebagainya.

13. Asuransi Kredit

Asuransi kredit adalah asuransi yang melunasi hutang kredit ketika tertanggung meninggal dunia atau catat bahkan di PHK. Sehingga tertanggung tidak dapat meneruskan membayar cicilan kredit yang masih berjalan.

Contohnya Asuransi kredit Sinar Mas, Asuransi Jiwa kredit CHUBB dan lain-lain.

14. Asuransi Disabilitas

Asuransi disabilitas adalah asuransi yang memberikan perlindungan kepada nasabah yang berisiko tinggi mengalami cacat atau disabilitas, seperti berada di wilayah medan perang, atau berada di tempat yang rawan kecelakaan. Biasanya ditujukan kepada anggota POLRI atau tentara.

15. Asuransi Dana Pensiun

Asuransi Dana Pensiun adalah jenis asuransi yang diberikan saat pensiun dari pekerjaan. Biasanya digunakan sebagai dana hari tua dimana tertanggung sudah tidak bisa bekerja lagi karena faktor usia. Contohnya BRI Life, AXA Mandiri, Allianz dan Manulife.

Itu dia beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia. Masih ada lagi jenis asuransi lainnya yang tak kalah pentingnya, seperti asuransi syariah, asuransi sosial, asuransi proyek atau konstruksi, asuransi uang yang termasuk ke dalam asuransi MPM untuk karyawan.

Informasi lebih lengkapnya mengenai jenis asuransi yang ada di Indonesia, bisa didapatkan di www.lifepal.co.id, media online yang memberikan informasi mengenai semua jenis asuransi yang ada di Indonesia.

You May Also Like